Home / Berita Pendidikan / Pemafaatan aplikasi online dalam menghadapi pandemi Covid-19

Pemafaatan aplikasi online dalam menghadapi pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 belum diketahui dengan pasti kapan akan berakhir, bisa dlm 2 bulan kedepan, bisa juga lebih lama dari itu. Pembelajaran di sekolah yg dialihkan ke rumah tentu tidak boleh berjalan apa adanya, apalagi asal jalan, yg penting ada aktifitas, tidak bisa diukur kualitasnya dsb, perlu solusi yg tepat. Menghadapi persoalan ini Tim IT SMKN 1 Suliki mencoba menerapkan sistem pembelajaran online dengan memanfaatkan 3 aplikasi online sekaligus yaitu: LMS Chamilo sebagai sarana pembelajaran Online, aplikasi JIBAS dari YIM untuk pengelolaan akademik, kesiswan, keuangan dan lainnya, serta aplikasi ujian online dengan TC-EXAM. Semua open Source alias gratis. Tinggal pakai.

Bagaimana cara pemanfaatan ke-3 aplikasi di atas?

1. Aplikasi ujian online TC-Exam “http://exam.smkn1sulliki.sch.id“selama ini sdh digunakan untuk ujian mid semester, ujian semester bahkan untuk ujian USBN. Soal diinput oleh guru dan hasil ujian siswa langsung (juga) dikelola oleh guru ybs. Tinggal ekspor hasilnya ke aplikasi JIBAS

2. Aplikasi Jibas “http://sister.smkn1suliki.sch.id” adalah aplikasi “palugada” (aPA Lu maU Gtua ADA), semua ada didalam, akademik, rapor online, nilai dan historinya, keuangan, pustaka, presensi online, ujian online. Setiap guru punya account untuk login, dekmikian halnya siswa, dan orang tua. Dengan aplikasi ini kehadiran siswa di kelas dinput secara online oleh guru saat mengajar, bisa dipantau oleh kepsek dan ortu. Dengan penilaian secara online, setiap nilai yg diperoleh bisa diketahui historinya hingga perhitungan akhir di nilai rapor. Bahkan sebelum pembagian rapor pun, siswa dan ortunya sdh bisa mengatahui rapornya, karena diakses secara online. KEUANGAN siswa terkait dengan nominal yg sdh dibayarkan, besara tunggakan, kapan dibayarkan semua ADA, pelaporan realisasi RAKS pun tersedia sebagaimana layaknya akuntansi keuangan. Setiap dana yg masuk dan keluar dari kas bendahara dicatatkan secara online sesuai RaKs yg diinputkan. Dan masih banyak fitur serta keunggulan lainnya.

3. LMS Chamilo sebagai media pembelajaran online “http://smkn1suliki.sch.id/elearning“. Ini hal baru yg kami implementasikan walau sdh kenal sejak 7 tahun yang lalu.

Menyikapi instuksi kegiatan/belajar di rumah selama pandemi Covid-19, aplikasi ini sangat membantu, bagaimana tidak, setiap guru tinggal mengupload seluruh dokumen pembelajarannya dlm aplikasi ini, mulai dari analisis kompetensi lulusan, silabus, rpp, kalender akademik, program tahunan, program semester, agenda guru, kkm, kisi-kisi soal, soal, perbaikan soal, dll-nya. DENGAN begitu kepala sekolah dan pengawas bisa memantau sekaligus memeriksa dokumen perangkat pembelajaran tadi. Dengan aplikasi ini guru bisa merencaanakan kegiatan untuk siswa yg dikemas dlm bentuk kegiatan mingguan (atau periode tertentu). Di dalmnya guru mengisi konten materi yg harus dibaca siswa, tugas yg harus dikerjakan siswa, dan ujian/quiz yg harus diselesaikan siswa, lengkap dengan batas akhir pengerjaan. BAHKAN kehadiran (attendent) siswa dlm sistem ini bisa dipantau oleh guru dan kepala sekolah. Setiap guru memungkinkan untuk memeriksa tugas siswa dan memberi umpan balik serta memberikan penilaian yg kesemuanya tampil di account siswa. Report progress pembelajaran dalam bentuk tabel dan grafik pun disediakan, baik per mapel mapun seluruh mapel. Sangat memudahkan kerja kepala sekolah. Bahkan dalam.aplikasi ini disediakan plugin bigblue button untum melakukan video converence, meskipun harus mengkonfigurasi ulang. Dan masih banyak keunggulan dan fitur-fitur aplikasi ini. Lalu bagaiman cara agar aplikasi itu bisa digunakan? Tinggal download aplikasinya, instalkan di server sekolah, dan langsung pakai. Kalau diinstal diserver sekolah apakah bisa diakses dari rumah? Bisa, dengan syarat server tsb terkoneksi dengan internet dan menggunakan IP Publik. Bagaimana kalau tidak punya IP Publik? Aplikasi tsb tinggal hosting di internet, tapi ingat, hosting itu ada share hosting ada vps. Aplikasi TC Exam bisa dihosting di share hosting, tetapi aplikasi LMS Chamilo meskipun bisa di share hosting namun butuh space yg besar dan quota bandwidth yg besar. Bila dipaksakan, bisa-bisa quota bandwidth habis dalam sepekan saja. Belum lagi space yg terbatas. Oleh karena itu disarankan menggunakan VPS hosting, selain karens Aplikasi JIBAS hanya bisa berjalan disini, VPS juga memungkinkan mengelola server sendiri secara utuh, mulai dari instal sistem operasi, konfigurasi web, dns dan email server sendiri, dll nya. Selamat mencoba

#siapberbagi #marikolaborsi

About Suliki

Check Also

Gandeng PT. E-Science Indonesia dan BCA, SMKN 1 Suliki Siapkan Lulusan Siap Kerja

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT E-Science Indonesia (ESI) secara resmi meluncurkan program Teaching …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *